Apakah Anda Tahu bahwa Berkeringat itu Sehat?

by grandsaunajakarta, 4 years ago

Berkeringat adalah hal yang patut disyukuri kerena dengan keluarnya keringat berarti keluar pula racun-racun yang berada dalam tubuh manusia. Berbagai penelitian telah membuktikan dengan keluarnya keringat pula terbukti efektif mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh dan menjadikan tubuh sehat.

Dalam usaha mengeluarkan keringat yang menyehatkan tersebut manusia telah melakukan berbagai upaya penelitian dan percobaan yang berbeda-beda di berbagai Negara belahan dunia. Roma kuno telah mengenal istilah “thermae”, di Jepang ada “Onsen”, di Rusia “Banya” dan di Amerika Utara “Inipi”, Turki dengan istilah “Hammam”. Meskipun berbagai istilah yang beragam namun yang paling terkenal adalah”Sauna”.

Semua usaha dengan berbagai istilah tadi adalah merupakan cara upaya untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Karena dengan proses tersebut otomatis proses detoxifikasi (penghilangan racun tubuh) akan terjadi dan juga pikiran akan kembali segar.

Jaringan kulit merupakan organ tubuh paling luas dan mempunyai peranan penting dalam proses penghilangan racun tubuh, selain paru-paru, jantung, ginjal, limpa, hati serta system imun yang lain. Kulit memproduksi keringat dingin guna menjaga stabilitas suhu tubuh. Kulit juga berperan dalam proses pelarutan racun tubuh menjadi cairan yang mudah dibuang.

Dengan berkeringat akan membuang racun dari tubuh dan mengeluarkannya melalui pori-pori. Berkeringat adalah proses penyelamatan tubuh dan penyembuhan yang alami. Para peneliti dan para dokter sependapat bahwa sejak jaman nenek moyang manusia telah mengetahui manfaat bahwa dengan keluarnya keringat secara alami akan menjadikan tubuh sehat dan merupakan cara menghilangkan racun tubuh. Perlu diketahui juga bahwa agar tubuh tetap sehat dan terjaga maka keluarkanlah racun tubuh melalui keringat.

Manfaat sauna sebagai bagian dari upaya detoksifikasi tubuh tersebut adalah upaya yang dilakukan dengan proses alami agar dapat mengeluarkan keringat. Kehidupan modern telah menjadikan kulit tidak aktif. Banyak orang tidak pernah mengeluarkan keringat terutama pada musim dingin (penghujan). Bahan-bahan tekstil sintetis yang kita pakai seringkali tidak memberi ruang kulit untuk bernapas. Hal itu jelas dapat merusak jaringan kulit sehingga mengurangi kemampuan alami tubuh dalam penghancuran racun. Pola kehidupan modern seringkali ikut pula menjadikan kulit menderita. Beribu-ribu bahan kimia yang ada di sekitar menempel pada kulit baik lewat makanan, kosmetik, produk kecantikan, sabun, sampo, wewangian yang semuanya dapat merusak jaringan kulit. Bermacam pembersih, sisa sabun yang menempel di baju, pewangi ruang, asap kendaraan, serta berbagai bahan kimia lain yang terkadang tidak sadar telah menjadikan kulit kita menderita.

Penggunaan sauna yang rutin dan teratur akan mengembalikan fungsi kulit sebagai penyaring racun. Dibandingkan dengan metode detoksifikasi lain, metode dengan mengeluarkan keringat merupakan metode tercepat ! dalam mengeluarkan bahan kimia berbahaya. Membiasakan mandi sauna adalah kebiasaan baik dalam mengembalikan fungsi utama kulit. Manfaat yang di dapat dari sauna bukan hanya itu saja namun juga akan menyegarkan otak dan pikiran akan tenang.

Harapan utama dari keluarnya keringat adalah bahwa tubuh akan membersihkan racun dengan sendiri. Penelitian juga menyatakan bahwa dengan menghangatkan kulit maka produksii sel darah putih akan meningkat sehingga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit akan meningkat pula.

Manfaat lain dari sauna adalah :

  • Meningkatkan kelancaran jalan darah,  Sehingga peredaran darah akan lancar, nafas menjadi lega.
  • Membakar sisa lemak jenuh, bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan akan menguranginya bagi yang kurus akan menghilangkan lemak dan kolesterol tubuh yang mengancam kesehatan
  • Membersihkan kulit, dengan ramuan sauna yang telah terbukti menjadikan kulit lebih bersih, kencang dan indah, juga jerawat akan terkikis.
  • Relaksasi tubuh, Kepenatan dan tekanan kerja telah menjadikan pikiran dan tubuh capek, otot tegang sehingga menimbulkan berbagai keluhan pegal-pegal, migrain, cepat lelah, tidak bergairah dll. Guna menyegarkan kembali maka perlu refresh ulang yaitu dengan sauna. Dengan sauna peredaran darah otot akan kembali lancar, pegal-pegal, kesemutan akan hilang.
  • Relaksasi Pikiran, merupakan tempat yang cocok untuk penyegaran pikiran kembali. Para ahli sauna menyatakan bahwa kelelahan dan stress pikiran dapat ditenangkan dengan melakukan sauna dengan benar. Dengan meningkatkan kadar oksigen dalam darah yang akan mengalir ke otak maka tubuh akan tersa bugar kembali, tenaga seakan terisi, dan juga menyembuhkan berbagai penyakit. Meningkatkan metabolisme tubuh maka akan meningkat pula kemampuan tubuh dalam menolak dan mengeluarkan racun dalam tubuh kita.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published.

WhatsApp 087775535568