Dampak Sauna Yang Berlebihan

by grandsaunajakarta, 1 year ago

Bersauna adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain mengembalikan kesegaran tubuh dan melancarkan peredaran darah, juga memberikan efek tenang dan menghilangkan stress. Namun tahukah anda, bersauna itu harus sesuai dengan aturannya. Menurut ahli kesehatan, Bersauna normalnya adalah sekitar 15-20 menit.Jangan berlebihan ketika menggunakan sauna karena akan menimbulkan efek samping ketika anda bersauna lebih lama dari anjuran waktunya.  Beberapa efek samping dari bersauna yang berlebihan adalah sebagai berikut :

  1. Dehidrasi

Jika kekurangan cairan saat bersauna, dampaknya dapat menjadi dehidrasi. Maka dari itu sebelum bersauna untuk perbanyak cairan dengan minimal meminum 2 gelas air. Harvard Medical School menyarankan harus tetap terhidarasi sepanjang melakukan sauna. Dapat dilakukan lagi setelah bersauna untuk menggantikan cairan yang hilang.

  • Tekanan darah menurun

Tekanan darah menurun dapat memengaruhi kerja jantung dan pembuluh darah Anda. Di Finlandia ada sebuah penelitian yang menemukan 29 kasus serangan jantung yang terjadi dalam kurun waktu tiga jam setelah melakukan sauna. Ketika melakukan sauna, laju detak jantung dapat melonjak hingga 30 persen,yang dapat menyebabkan pembuluh darah jantung melebar, dan mengurangi tekanan darah. Ini sebabnya sauna tidak dianjurkan pada penderita jenis penyakit jantung tertentu. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan sauna, jika memiliki kondisi medis.

  • Suhu tubuh meningkat

Suhu tubuh meningkat dalam istilah medis disebut overheating. Overheating akan merasa kepanasan hebat, tidak hanya di luar tubuh tapi juga di dalam. Kondisi ini dapat semakin parah jika sebelum melakukan sauna mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published.

WhatsApp 087775535568